Minggu, 06 Februari 2011

Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik

Membuat Surat Lamara kerjaSurat lamaran kerja adalah faktor penting yang menentukan apakah lamaran Anda akan ditindaklanjuti atau tidak, maka dari itu jangan menganggap remeh bagian ini. Surat lamaran kerja dan CV adalah langkah awal dari penilaian pihak perusahaan terhadap para calon karyawannya. Seberapa profesional dan telitinya calon karyawan, salah satunya dapat di nilai dari Surat Lamaran Kerjanya.

Saat membuat Surat Lamaran Kerja buatlah dengan gaya bahasa santun tapi tetap profesional, berikut tips cara membuat surat lamaran kerja yang baik;

1. Pada bagian awal, informasikan dari mana Anda mendapatkan informasi lowongan kerja dan maksud dari surat Anda.
2. Selanjutnya perlihatkan siapa diri Anda dan kemampuan/keahlian Anda, misalkan lulusan Universitas, Jurusan, Index prestasi, dan kemampuan Anda lainnya yang mendukung posisi yang Anda lamar.
3. Cantumkan lampiran-lampiran kelengkapan yang Anda sertakan.
4. Kemudian tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang membutuhkan pekerjaan tersebut dan mempunyai kemampuan untuk menjalankan pekerjaan tersebut.

Demikianlah 4 poin penting yang berdasarkan pengalaman penulis mampu membuat perusahaan lebih simpatik dan melanjutkan ke proses selanjutnya. Untuk lebih jelasnya saya sertakan Contoh Surat Lamaran Kerja hasil karangan saya sendiri dan menurut penilaian saya pribadi sudah cukup teruji.

Klaten, 24 Januari 2011

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Klaten Online
Jl. Klaten Tengah No. 01 Klaten
Di Klaten

Berdasarakan informasi yang saya dapat dari surat kabar harian SOLOPOS edisi Senin 24 Januari 2011 bahwa adanya lowongan di PT. Klaten Online pada posisi Customer Service, berdasarkan kemampuan dan pengalaman saya yang cukup saya mencoba mengajukan diri untuk menempati posisi tersebut di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Saat ini saya berumur 24 tahun, lulus dengan index prestasi 3,24 di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta pada Juli 2009 dengan Jurusan Teknik Elektro. Saya termasuk seorang yang jujur, pekerja keras, komunikatif, supel, dan siap bekerja secara individu ataupun team.

Bersama ini juga saya sertakan beberapa data mengenai diri saya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu pimpinan:
1. Daftar riwayat hidup
2. Fotokopi Ijazah
3. Fotokopi Transkrip nilai
4. Fotokopi Identitas diri (KTP)
5. Foto terbaru
6. Sertifikat-sertifikat

Besar harapan saya untuk dapat menempati posisi sebagai Customer Service di PT. Klaten Online yang Bapak/Ibu pimpin, dan saya berharap Bapak/Ibu bisa meluangkan waktu untuk saya menjelaskan lebih detail mengenai kemampuan saya bekerja dalam interview. Demikian surat lamaran ini, dan saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian yang sudah Bapak/Ibu berikan.

Hormat Saya,

Yudhoyono Susilo

Nama, perusahaan, dll. yang tercantum di atas hanyalah contoh, silahkan disesuaikan dengan Surat Lamaran kerja Anda. Semoga bermanfaat. :)

http://klatenonline.com/klaten/tips-cara-membuat-surat-lamaran-kerja-yang-baik.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar